PLANET MARS BERUSAHA MENDEKATI BUMI

Sumber: Gambar diambil dari aplikasi Stellarium oleh penulis

Planet berwarna merah yang merupakan tetangga terdekat Bumi –Planet Mars,  selalu  menjadi hal menarik perhatian para ilmuwan Astronomi. Hal ini dimulai pada tahun 1659 dimana Cristian Huygens menggambarkan sketsa permukaan Mars. Mars kemudian dikaji lebih lanjut untuk dijadikan dunia impian kehidupan lain di luar Bumi. Dan pengamatan lebih dalam terus dilakukan hingga saat ini untuk mengetahui hal apa saja yang terjadi di dalam Mars.
Pada tahun 2001, di langit timur Bandung tepatnya pada tanggal 21 Juni 2001, Planet Mars terdeteksi berada pada jarak terdekat dengan Bumi. Jarak dari Mars ke Bumi normalnya berkisar antara 90 sampai 100 juta kilometrer. Akan tetapi di hari itu jarak anatara Mars dan berada pada jarak 67,340 juta kilometer. Penampakan ini dapat dilihat dengan kondisi langit cerah pada pukul 22:13:05.
Seperti yang kita ketahui bahwa Bumi memiliki lintasan garis edar untuk mengelilingi Matahari yang berbentuk elips/oval. Begitu juga dengan Mars yang memiliki garis edarnya sendiri yang berbentuk elips. Hanya saja jika jarak Bumi dan Matahari adalah sebesar 150 juta kilometer, sedangkan jarak Mars dan Matahari adalah  240 juta kilometer. Dengan demikian jarak dari Bumi dan Mars berkisar 90 juta kilometer.
Dalam pergerakan Bumi dan Mars dalam mengelilingi Matahari, ada kala ketika Planet berpapasan atau berdekatan dan berada pada garis lurus dengan Matahari. Hal ini biasa terjadi pada 25-28 bulan sekali. Namun hanya mencapai  jarak rata-rata 70 juta kilometer saja. Ini yang disebut dengan Oposisi Mars. Oposisi Mars adalah perjalanan Mars saat mengelilingi Matahari yang menemui titik berdekatan dengan Bumi.
Tidak semua peristiwa Oposisi Mars sama, Oposisi terdekat hanya terjadi dalam siklus 17 tahun sekali. Uniknya, ketika Mars sudahberada di titik terdekatnya dengan Bumi hal itu akan terjadi pada jam yang hampir sama dengan Oposisi Mars ketika 17 tahun sebelumnya. Selama 35.000 tahun terakhir orbit Mars mejadi semakin dekat dengan Bumi karena pengaruh gravitasi Planet dan objek-objek lain. Salah satunya adalah dengan adanya gaya hempas yang diakbitkan oleh orbit Jupiter yang sangat cepat. Jarak ini akan terus berkurang hingga 25.000 tahun kedepan.
Hal ini terjadi karena Mars merupakan Planet kecil yang terjepit diantara Bumi yang berukuran  2 kali lipat lebih besar dan Planet Jupiter yang ukurannya 8.000 kali lebih besar dari Mars. Karena “terjepit”nya ini Mars merasa terhempas oleh orbit Jupiter yang mencapai 10 jam per hari. Oleh karena itu Mars semakin terlempar sehingga jarak dengan Bumi akan semakin dekat.
Dan diperkirakan Mars akan mencapai jarak 57.602 juta kilometer dengan Bumi pada tanggal 1 Agustus 2018 sekitar pukul 20.00 WIB. Maka Mars akan tampak lebih terang, lebih merah dan lebih besar di langit Timur Bandung. Kemudian diperkirakan lagi akan mencapai jarak 56.914 juta kilometer pada 20 Oktober 2052 kelak. Oposisi terdedekat Mars  yang memiliki periode 17 tahun, ia akan berjarak semakin dekat dengan Bumi dan jarak dari period ke periode akan semakin dekat.
Jika kita hendak mengamati keberadaan Mars yang terlihat lebih dekat ini, Mars akan terlihat di lagit Timur sesaat setelah Matahari tenggelam dari Barat. Dan akan terlihat cahaya tampaknya yang lebih terang dua jan setelahnya. Dan penampakan ini dapat terlihat hingga Matahari terbit kembali di Timur. Namun tetap saja ukuran Mars yang terlihat akan sangat kecil dan tetap memerlukan teleskop untuk melihatnya secara detail.
Pada tanggal 27 Agustus 2003 sekitar pukul 9:51:15, Mars juga pernah berada di posisi terdekatnya dengan Bumi yaitu 55,758 juta kilometer. Pada saat itu Mars sedang berada di jarak terdekat dengan Matahari dan juga dengan Bumi sehingga jaraknya begitu dekat dengan Bumi. Dan dari peristiwa Oposisi ini para ilmuwan dapat mengamati lebih jauh lagi mengenai Mars ini. Namun pertanyaannya adalah, mungkinkan suatu saat nanti Mars akan bertabrakan dengan Bumi?


Daftar Pustaka:
·         Simulasi Stellarium oleh penulis (8 Maret 2016)
·         www.wikipedia.com/Mars (diakses 9 Maret 2016)
·         www.wikipedia.com/Bumi (diakses 9 Maret 2016)
·         www.wikipedia.com/Jupiter (diakses 9 Mart 2016)
·         http://www.fisikanet.lipi.go.id (diakses 9 Mart 2016)


Komentar

Recomendasi

Kasih Judul Sendiri ya :D

Cerita